latihan soal prakarya kelas XII

  Uji Kompetensi BAB 1
  1. Produk yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dan keterampilan berpikir dalam mengolah suatu bahan atau material sehingga menghasilkan estetika atau keindahan sekaligus fungsi tertentu disebut….
  1. Kerajinan tangan
  2. produk kerajinan
  3. ukiran
  4. anyaman
  5. pigura
2. Berikut ini yang bukan termasuki contoh limbah anorganik, yaitu….
A.

B.
C.
D.
E.
3. Perhatikan pernyataan berikut ini !
  1. Jenis usaha kerajinan yang benar-benar akan membawa suatu keuntungan.
  2. Jenis usaha kerajinan yang sesuai dengan hasrat dan minat.
  3. Resiko tidak diterima oleh masyarakat sekitar.
  4. Jenis usaha kerajian yang produknya disenangi dan dibutuhkan konsumen.
  5. Jenis usaha kerajian yang bahan bakunya mudah didapat
  6. Kehilangan karyawan\personil yang handal apabila tidak dapat menangani dengan baik.
Berikut ini tugas yang perlu diperhatikan seorang wirausaha setelah menetapkan jenis usaha sesuai yang diinginkan, ditunjukkan oleh nomor….
  1. (1), (2), (3), dan (4)
  2. (2), (4), (5), dan (6)
  3. (3), (4), (5), dan (6)
  4. (1), (2), (4), dan (5)
  5. (2), (3), (4), dan (6)
4. Salah satu sifat pemasaran langsung yaitu di sesuaikan, artinya…..
  1. pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu, misalnya pengiriman surat via pos atau email, itu berarti yang mengetahui pesan tersebut hanya pihak terkait saja, publik tidak mengetahui
  2. pesan dapat disiapkan dan dirancang dengan sebaik-baiknya terlebih dahulu sebelum dikirimkan kepada orang yang bersangkutan agar ia tertarik
  3. pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat sesuai dengan kondisi terkini
  4. pesan dapat diubah sesuai tanggapan orang yang berkaitan sehingga menimbulkan suatu komunikasi yang interaktif
  5. pesan bersifat personal dan tidak diproduksi secara massal
5.berikut ini bukan  merupakan faktor ekstralnal yang dapat memunculakan ide usaha produk kerajinan, yaitu...         
  1. pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru                          
  2. pengalaman saat ia melihat orang lain menyeklesaikan masalah                              
  3. kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupunorang lain
  4. kesulitan yang dihadapi sehari-hari
  5. masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
6. Salah satu kegiatan dalam memproduksi produk kerajinan limbah , yaitu mendaur ulang .
   Kegiatan mendaur ulang adalah …
  1. merancang kembali barang bekas menjadi seolah-olah baru
  2. memproses kembali sisa-sisa produksi menjadi suatu produk yang baru
  3. membuat kerajinan dari bahan mentah menjadi barang jadi
  4. mendesain kerajinan dari bahan keras
  5. memproduksi kerajinan dari bahan lunak
7. Berikut ini bukan termasuk tujuan promosi penjualan ,yaitu …
  1. meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba produk
  2. meningkatkan pembelian komsumen
  3. meminimalisir perilaku konsumen berganti-ganti merek
  4. meningkatkan daya beli masyarakat
  5. memengaruhi pelanggan untuk mencoba produk baru
8. Limbah organik yang tidak dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk kerajinan , yaitu …
  1. kertas
  2. ranting pohon
  3. kayu membusuk
  4. kulit jagung
  5. pelepah pisang
9. Berikut ini yang bukan termasuk dalam risiko usaha internal adalah …
  1. kehilangan kepercayaan konsumen karena tidak mampu memberikan barang yang sesuai
  2. kehilangan kepercayaan penyuplai
  3. risiko tidak diterima oleh masyarakat sekitar
  4. risiko perekonomian masyarakat dan negara
  5. kehilangan modal apabila piutang tidak terbayarkan oleh konsumen
10. Kegiatan catat-mencatat , surat-menyurat,pembukuan, dan sebagainya disebut …
  1. promosi
  2. pemasaran
  3. keuangan
  4. administrasi
  5. produksi
11. Berikut ini salah satu langkah dasar untuk pemilihan alternatif dalam analisis kelayakan     
     finansial adalah …
  1. pengetahuan yang dimiliki
  2. pengalaman dari individu itu sendiri
  3. pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
  4. intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri
  5. penentuan sumber daya finansial yang tersedia
12. Analisis persaingan menjadi sangat penting dalam menganalisis peluang usaha produk
     kerajinan , hal ini disebabkan karena …
  1. mencegah kebosanan konsumen di dalam penggunaan produk kerajinan
  2. perlu di pertimbangkan keseuaian antara modal yang disediakan dan kebutuhan
           jenis usaha
     c. digunakan untuk pengembangan dan keberlanjutan usaha produk kerajinan
     d. kehilangan modal apabila piutang tidak terbayarkan oleh konsumen
     e. digunakan untuk modal usaha serta pemenuhan pengeluaran kepentingan operasi
         produksi
13. Bentuk promosi nonpersonal dengan menggunakan berbagai media yang ditunjukkan
     untuk merangsang pembelian disebut …
  1. publisitas
  2. penjualan tatap muka
  3. periklanan
  4. pemasaran langsung
  5. promosi penjualan
14. Contoh limbah anorganik , yaitu …
  1. besi,kayu, dan kertas
  2. plastik, karet, dan besi
  3. plastik, karet, dan besi
  4. kertas, karet, dan plastik
  5. plastik, kayu, dan besi
15. Proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun
     hubungan yang kuat dengan pelanggan , dengan tujuan menangkap nilai dari
     pelanggan sebagai imbalannya disebut …
  1. promosi penjualan
  2. peluang usaha
  3. publisitas
  4. pemasaran
  5. administrasi
16. Tujuan riset pasar adalah …
  1. menemukan data-data relevan yang berasal dari lembaga seperti biro pusat
statistik, kantor dinas pariwisata dan perindustrian
     b. mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan tentang usaha kerajinan yang
         akan dibuka
     c. analisis persaingan untuk pengembangan dan keberlanjutan usaha produk kerajinan
     d. untuk mengumpulkan informasi yang dinamakan dengan data primer
     e. untuk menciptakan sebuah inspirasi atas objek yang dihadapi dengan kemampuan
         kreativitasnya
17. Berikut ini bukan termasuk sifat-sifat penjualan tatap muka, yaitu …
  1. personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
  2. tanggapan langsung atas pertanyaan atau reaksi konsumen
  3. memberikan kupon hadiah kepada konsumen yang membeli produk
  4. mempererat hubungan dengan konsumen , apabila sikapnya memuaskan
  5. biaya operasional cukup tinggi
18. Seseorang wirausahawan yang akan membuka usaha baru selalu membutuhkan informasi pasar karena tujuan dari pemasaran adalah …
  1. untuk memenuhi permintaan pelanggan
  2. untuk mengevaluasi pasar masa sekarang
  3. untuk uji pasar dimana penerimaan calon pembeli bisa diamati
  4. untuk mengumuplkan informasi yang dimana dengan  data primer
  5. untuk melaksanakan uji kelayakan teknis
19. Bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk memengaruhi
     pembelian konsumen disebut …
  1. publisitas
  2. penjualan tatap muka
  3. pemasaran langsung
  4. periklanan
  5. promosi penjualan
20. Salah satu tujuan pengemasan produk kerajinan yaitu …
  1. menambah biaya produksi
  2. menginformasikan kepada konsumen tentang produk dan tujuan
  3. membujuk konsumen untuk mencoba produk baru
  4. memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan
  5. menyaingi produk sejenis yang sudah terlebih dahulu dipasarkan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi prakarya bab 1